titann,,

di depan rumah saya (masih termasuk halaman) ada sebuah kolam ikan yang tidak terlalu luas,bisa dibilang kecil malah, ukurannya kira-kira 2 meter persegi. Dulu sih waktu saya kecil tu kolam keliatan gede,sempet dipake buat renang juga malah. dipikir2 jaman dulu itu malu2in juga toh kolamnya kan sbenernya kliatan dari luar rumah, jadi kalo renang ya ditontonin lah ama tetangga,,hahahaha,,tapi yaah namanya juga anak kecil. selama bisa seneng2 maen air,cuek2 aja tuhh,,

lanjut ke cerita kolamnya. di kolam ini ayah saya menaruh banyak sekali ikan kecil warna merah terang. saya gatau ikan apa itu namanya. yang jelas ikan2 itu banyak dan selalu bergerombol, ga pernah ada yang keliatan menyendiri, kecuali mungkin kalo ikannya lagi patah hati ato emang lg pgn sndiri,,hehe,,adik sepupu saya yang masih kecil sering bermain dengan ikan-ikan ini dan memanggil mereka dengan sebutan “titan” karna dia blom bisa bilang “ikan” dengan baik dan benar. mulai saat itu kita para penghuni rumah pun memanggil sang ikan dengan panggilan sayang “titan”..

titan-titan ini diberi makan sejenis makanan yang namanya pelet. buat pecinta ikan udah tau lah yaa pelet ini seperti apa. buat yg blum tau, pelet itu bentuknya bulatan kecil segede umm,,segede apa yah?kecil deh, segede peluru plastik yang suka kita pake buat pistol maenan itu looh, yang warnanya merah ato ijo gituu. Naah si pelet ini juga gitu, warnanya ada yg merah ato ijo, bulet kecil-kecil, kaya jajanan kita waktu kecil tu yg namanya tai cecak,,inget ga?

ayah saya rutin ngasi makan titan tiap pagi ato sore, pkonya sehari sekali.hasilnya adalah ikan-ikan mengalami tumbuh kembang yang sempurna, tubuh oke, sirip indah, ekor menjuntai, dan warna yang semakin menyala. pkonya menjadi ikan-ikan kebanggaan dehh. semakin hari ayah saya semakin menyayangi ikan-ikannya, terbukti dengan intensitas pertemuan antara keduanya yang semakin sering. bangun tidur langsung ke kolam, ketemu ato ngasi makan titan. mau pergi kerja mampir dulu nengokin titan, pulang kerja langsung menyapa titan, bahkan malam hari sebelum tidur si ayah pasti bercengkerama dulu dengan para titan. setiap ayah datang, para titan pasti langsung berkerumun dan bercanda ria dengan ayah. kadang kalo hari libur ayah bersiin kolam demi kenyamanan si titan. alhasil selain tumbuh kembang sempurna sang ikan, kolam sebagai rumah sang ikan pun sangat terjaga kebersihannya. airnya jernih dengan dasar kolam berwarna biru, plus ada air mancur kecil di tengahnya, menambah nilai keberadaan sang ikan kebanggaan. setiap orang yang berkunjung ke rumah kami pasti tak segan memuji kolam dan ikan-ikan di dalamnya. tua, muda, laki, perempuan, sodara, tetangga, semuanya dehh pasti pada suka liat ikan-ikan kecil merah terang itu. tapiiii kalo si ayah lagi kumat malesnya, tu kolam bisa dibiarkan butek, kotor, banyak lumut, licin, dan si ikan bisa sekarat karnanya. makanya paling tidak dua minggu sekali pasti kolam dibersihkan agar tetap sedap dipandang dan sang ikan bisa sehat selalu.

karena saking akrabnya hubungan antara ikan dan ayah, si ikan tidak mau makan jika yang memberi pelet adalah orang selain ayah. pernah suatu hari ayah dan ibu harus pergi keluar kota selama dua minggu, dimana berarti semua pekerjaan rumah harus dikerjakan berdua saja oleh saya dan kakak, termasuk mengurus kolam dan ikannya. kakak mengurus rumah bagian dalam, saya mengurus bagian luar, diantaranya adalah tanaman dan kolam titan. naahh, pagi itu ketika akan pergi bekerja, saya sempatkan memberi makan titan. saya ambil tempat pelet di belakang, kemudian sambil bersiul saya melenggang menuju kolam titan. dengan penuh semangat saya menyapa titan-titan, dan bersiap menaburkan pelet-pelet untuk mereka. Guess what??mereka tidak bereaksi sama sekali!! tidak ada sambutan berupa kerumunan atau kecipak air di ujung kolam. bahkan ketika saya menaburkan pelet-pelet, para titan diam seribu basa, hanya perlahan itupun sesekali menggoyangkan ekornya. saya coba bergerak ke sisi satunya, dengan harapan mereka akan mengikuti saya. tapi tetap saja,,,,ow ow ow,,saya patah hatii. ada apa dengan mereka??bahkan pelet yang saya taburkan pun sama sekali tak mereka sentuh. titan oh titan, makanlaaah. kalo kamu knapa2 kan nanti saya yang dimarahi ayah. ayolah titan..tetap mereka tak bergeming mendengar rengekan saya. ahirnya saya menyerah dan pergi setelah sekali lagi menaburkan pelet untuk para titan. saya pun pergi bekerja..

pulang kerja, saya kembali menjenguk mereka. kali ini saya mengendap-endap di balik pohon tinggi, karena takut menerima penolakan sperti tadi pagi kalo saya langsung menghadapi mereka di kolam. dari balik pohon saya perhatikan para titan asyik bercengkerama satu sama lain,berbeda sekali dengan keadaan tadi pagi, daaaan pelet yang saya taburkan sudah habis tak bersisa. artinya mereka memakannya kan??lalu saya buat gerakan muncul tiba-tiba di hadapan mereka. happ!!saya tunggu reaksi mereka. ternyata mereka tidak berekasi kaget ato gimanaaa gitu. tetap tenang dan bercengkrama seperti semula. waaaah,,apakah ini artinya mereka mulai bisa menerima keberadaan saya??senangnyaaaa,,,meskipun mereka blum mau berkerumun menyambut kedatangan saya, setidaknya mereka sudah tidak takut lagi dan sudah mulai menerima saya sebagai bagian dari “majikan pemberi makan” mereka,,hohoho,,
besok paginya saya memberi makan pelet dan bgitu saya nyampe, mereka berkerumun menunggu tebaran pelet saya,,huwaa,,saya sampe speechless saking snengnya mereka udah mau temenan ama saya, hihi,,lebayyy..saya pun tebarkan pelet dengan sukacita disambut oleh keriaan yang sama seperti yang sering mereka pamerkan pada ayah saya,,,horeeee,,

dan jadinya sampai skarang saya berteman akrab dgn mereka, mskipun tetap saja si ayah menempati urutan pertama di hati mereka (tapi hati ikan sapa yg tau kan???). setiap pulang kerja saya pasti main dgn mereka. sampai ahirnya sekarang saya kerja di kota lain, setiap saya pulang ke rumah saya pasti menyapa dan menggoda mereka (aiih bahasanya,,),,,tulisan ini pun saya rilis karena tiba2 saya menyadari bahwa saya menyayangi mereka dan merindukan mereka di sela-sela ketidapadatan pekerjaan saya di kantor,,hehhee,,

miss yu titann,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s