goes to Garut

Sejak bapake pensiun, kerjaan rutin slain jemput si bungsu ini adalah ngajakin jalan-jalan tiap minggu. Contohlah kemaren hari Minggu ramai, hujan, dan melelahkan, bapake semangat banget ngajak jalan ke Garut. Ada apa di Garut? Ada deeeh..hehe, kaga lah. Justru itu maksut dari tulisan ini dibuat. untuk menerangken ada apa saja di Garut selain domba, jeruk, dodol, dan mojang Garut yang terkenal anti carut marut dan anti cemberut.

pertamanya perkenanken si saya jelasin dulu di mana Garut itu tepatnya berada. Tepatnya berapa km dari bandung sih ya meneketehe, tapi ancer-ancernya dua jam ajalah dari masuk tol Baros menuju Padaleunyi. keluar tol Cileunyi, nanti ada arah Nagreg, Tasik, Garut, nah ambillah jalan itu. Jangan ambil jalan yg ke arah Cimahi Bandung, balik deui atuh ai kitu mah. Ntar kita bakal ngelewatin yg namanya Rancaekek, teruuuus ke arah Nagreg, jangan belok ke arah Cicalengka (kecuali emang lagi pengen kesono.Tapi pan kita lagi mau ke Garut bo, jadi ikutin aja arah yang ke Nagreg). Nyampe Nagreg dengan jalannya yang dahsyat alaihim itu (sempet ditantangin latian nyetir disitu ama bapake, yang langsung dijawab mantep pake gelengan kepala), bakal ada pertigaan unik. kenapa unik? karena eh karena, ah susa dijelasin kalo ga liat sendiri mah. Pokonya di pertigaan itu, ada tutulisan kalo ke kanan arah Garut, kalo ke kiri arah Tasik, Ciamis, dll. Naah karna kita mau ke Garut, kita ambillah arah kanan. Ati-ati pas mau ambil kanan soale pertigaannya ramai dahsyat, jadi kalo ga ati-ati bisa keserimpet kendaraan dari arah depan kiri dan depan kanan (that’s why saya bilang pertigaannya unik bin aneh).

Abis pertigaan unik, kita luruuus terus ampe nemu yg namanya alun-alun Leles. Persis sebelah kanan  jalan sebelum alun-alun, ada jalan kecil menuju ke CANDI CANGKUANG. Yap, that was our first point. Kaga ada tulisannya sih, tapi bapake yaqin skali kalo ini jalannya. Setelah mutar muter 15 menitan, tadaaaaa, lihatlah sebuah titik jauh di tengah laut, makin lama makin jelas bentuk rupanyaa, itulah kapal api yang sedang berlayar,hehehe..Kaga, kita liat di kejauhan ada danau alias situ yang di sebrangnya ada hutan. Naah, katanya si Candi Cangkuangnya ini ada di dalem hutan yang dimaksud dan aksesnya adalah pake rakit sodara sodaraa. Singkat kata singkat cerita, nyampelah kita ke Cangkuang dengan berkendaraan rakit nan unik..Ini dia gambar-gambar yang sempet diambil.

abis dari Cangkuang, perjalanan dilanjutken ke Kampung Sampireun. Sebelomnya mampir2 dulu deng di Cipanas, sumber aer panas di Garut. Dari mulai pintu gerbangnya aja uda ada tulisan segede jampang yang mengasih tau kalo di dalemnya ada sumber aer panas yang didukung sama fasilitas cottage, resort, penginepan, dll. Begitu masuk, di kiri kanan jalan banyak rumah-rumah kecil ngejejer kaya kontrakan yang ternyata adalah penginepan yang bisa disewa sama pengunjung yg dateng. Karna itu wiken, otomatis rumah-rumahnya penuh semua. ada juga tempat yang gede dan nyedian fasilitas kolam renang aer panas, namanya Sabda Alam. terkenal banget ya katanya si Sabda Alam ini? Mungkin cukup oke kalo dijadiin tempat liburan dan wwisata keluarga, jadi ini tempat penuh juga sama mobil-mobil plat luar Bandung dan luar Garut. Pleus, hari Minggu kemaren bertepatan ama Imlek dan Palentine, jadinya rame aja tu Sabda Alam dan sekitarnya. Berhubung kita kaga niat masuk, muter-muterlah kita di sekitaran situ sampe smua terjelajahi (terlewati deng) dan memutuskan melanjutkan perjalanan ke arah Kamojang.

Naah karna si saya uda mulai males nulis, intinya perjalanan dilanjutin ke Kampung Sampireun (lewat doang) dan ke kawah Kamojang (pun lewat doang), skalian napak tilas kerjaan lapangan saya yang kemaren di Kamojang. Uda gitu pulang lewat Majalaya (ada jalan tembusannya), mampir bentar di pinggir jalan beli kacang rebus, ngisi bensin, nyampe rumah deh.. Lelah sungguh, tapi seger berasa dicharge abis ngeliat yang ijo-ijo such as daun, taneman, pohon, swah, gunung, kali berair ijo, dan kotoran kuda di sepanjang jalan.

Ini foto Kamojang dari work trip saya beberapa bulan kemaren, sama ajalah yaa. yang penting kan tentang Kamojangnya, bukan kapannya.

ini namanya kawah sepur (ato sepuh?)

atraksi maut :p

Yaak , sekian laporan pandangan mata dari TKP,,

Cimahi-Cileunyi-Nagreg-Leles-Samarang-Majalaya-Banjaran-Soreang-Cimahi,,

2 thoughts on “goes to Garut

  1. wew…mantap djaya….sering-sering cerita kalo jalan-jalan…ya sapa tau saya bisa maen ke sana juga kan udah ada panduannya…hehhe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s