meng-install ArcGis 9.2

goooosshh,,

ahirnyaa, setelah lebih dari tiga kali nginstall kaga bisa2, dengan rekor restart leptop lebih dari 5 kali,  remove program lebih dari lima kali pula, sekarang terpampang indah di desktop saya yang namanya ArcMap! wohoooo.. Buat yang udah jago dan sering install ArcGis sih pasti nganggep saya cemen binti cupu kan? Ah takapa, buat saya mah ini keren tau,hehehe..

Tulisan panduan install ini sebenernya lebih ke reminder buat saya. Jujur beberapa taun silam saya pernah juga nyoba nginstall, tapi yah judulnyaa juga manusia, lebih gampang lupa lebih susah inget. Jadi, daripada saya jadi kaya keledai yang jatoh ke dalam lubang yang sama dua kali, mending saya bikin backup panduannya dimari.I know sudah banyak sekali tulisan yang nulis kaya ginian, tapi ya sapa tau ada yg lebih cupu dari saya (yg gagal nginstall ampe tiga kali :D), mangkanye saya tulistulis aja bgimana cara install ArcGis 9.2.  Oks, here it goes….

1. kalo uda pernah nginstall tapi gagal (contohnya saya), uninstall dulu program yang udah ada. caranya : control panel–>Add or Remove Programs–>remove deh tuh yang namanya arcGis desktop dan Arcgis License Manager. Jangan lupa juga hapusin folder-folder terkait, misalnya folder ESRI di C:\Program Files, ama folder flexlm di drive C.

2. install License Manager

pas instalasi, dia bakal minta lokasi file lisensinya. Browse dari folder crack (folder crack ini bisa dicopy ke drive C ato di folder installer ArcGisnya, misalnya di flashdisk pun tak masalah), ambil file arcgis_tbe.lic

3. ubah host pada arcgis_tbe.lic jadi nama komputer kita. Caranya buka arcgis_tbe di notepad, localhostnya ganti jadi nama kompi kita. (nama kompi bisa diliat di klik kanan My Computer)

4. abis itu, install biasa aja, next2 gitu. Naah, pas udahan instalasinya, dia bakal minta restart tuh. Jangan dulu direstart! Copy dulu file “ArcGis.exe” ke C:\Program Files\ESRI\License\arcgis9x, dia bakal minta replace tuh, pokonya sampe file ini nimpa file yang sebelomnya. Okeh. Juga copy file arcgis_tbe.lic ke tempat yang sama.

5. Abis ngopi si Arcgis.exe dan arcgis_tbe ini, baru deh boleh klik :Yes, I want to restart my computer now”

6. Selse restart, sekarang install License Manager Tools yang ada di Start–>ArcGis–>License Manager Tools. Klik saja, dia akan menginstall dirinya sendiri..

7. Oya, sebelumnya, copy dulu file arcgis_tbe.lic ke C:\flexlm

8. Pas muncul tampilan LM Tools, klik di Configuration Using Services

9. Klik tabular Configure Services, di direktori “path to lmgrd exe file” itu isinya harus C:\Program Files\ESRI\License\arcgis9x\lmgrd. Kalo isinya belom begitu, ya tinggal browse aja ateuh,,

10. direktori “path to the license file” isinya harus C:\flexlm\ arcgis_tbe.lic, ato C:\Program Files\ESRI\License\arcgis9x\arcgis_tbe.lic. yang kedua ini lebih recommended. Kalo belom, ya di browse dulu juga.

11. Jangan lupa “Save Service”.

12. Sekarang ganti tab jadi “Start/Stop/Reread”, klik tombol “Start Server”, tutup LMToolsnya.

13. Cek server diagnostics, perform diagnostics, sampe ada tulisan “license can be checked“. kalo belom ada brati belom berhasil.

14. Install ArcGis Desktop

15. Install seperti biasa, next2 negitu. Lanjut pas keluar tulisan “a License manager is required to use this software. Please select one of blablablaa,,,,”, ada tiga opsi tuh (kalo cuman ada dua opsi brati ada yg salah pas nginstall License Manager). Pilih opsi pertama “Use license manager on (nama computer)”.

16. abis gitu udah deh tinggal klik next next next and then,,,FINISH! It’s a wrap!yaaay,,

17. Kalo pas klik ArcMap masih gabisa, pergi ke Desktop Administrator, ganti license managernya jadi “localhost”.

Selamat mencobaa…semoga sukses cuman dengan sekali install yaaa,,,cheers :d

*geli juga nulis2 serius begini,,

26 thoughts on “meng-install ArcGis 9.2

  1. GOBL**********K
    Memalukan sangat…. Sebagai orang yg pernah duduk di belakang gw, brp kali si lo ngeliat gw nginstall ArcGIS????? masa gitu aja ga bisa si???
    Parah lo lan. arrgghhh… kecewa gw. hiks…hiks..
    tapi gpp lah, yg penting sekarang lo dah bisa… baguuuuuusss ^_^

    • sebagai orang yg duduk di blakang lo,gw ga pernah mratiin lo sama skali tuh, include pas lo nginstall arcgis,emang pernah yah??hahahaha,,,
      psst, makanya kmrn gw braninya nanya dp, ga brani nanya lo. tau bgt gw reaksi lo bakal bgini,,weeeek,,,

  2. sudah aq coba, tp saat check server diagnotic muncul pesan :
    License file: c:\Program Files\ESRI\License\ dst..
    “AGSData” v9.2 vendor: ARCGIS
    License server : eBp
    floating license starts: 1-jan-96, expires 11-nov-2011
    This License cannot be checked out because :
    Cannot connect to license server.

    Gimana pemecahannya, aq pakai Windos 7 apa ada pengaruhnya. thank’s

    • umm,,coba di uninstall dulu, trus coba lagi dari awal, mungkin dia ga ngedetect di flexlm nya ato lainnya..coba lagi yaaa..semangaat ^_^

  3. help me mba..aku kgak bisa2 nie nginstalnya..bisa dirunutin lg ga nie mba langkah2nya.pd crack arc_the.lic yg diganti sesuai nama komputer host yg mana mba?apa tulisan this_hostnya ya mba,ato tulisan hostnya aja yg diganti sesuai nama komputer..?trus yg dicopy ke ESRI dan flexm apa arc_the.lic yg udah diganti hostnya??,mohon pencerahannya ya mba,krn pas aku cek server diagnostics kgak da muncul tulisan licensi can be cheked mba..

  4. lek yg diganti kata “host”nya aja apa semua sampai angka KEY
    SERVER this_host_SENTINEL_KEY=37102011 27001

    nuwun

  5. Pak saya mau bertanya..
    saat menjalankan program arcgis 9.2 tsb terjadi masalah dengan muncul informasi
    FLEXlm : -15,10.system error: 10061 “Winsock: Connection refused”
    mohon bantuan dari bapak sekalian bagaimana cara mengatasi masalah menginstal arcgis 9.2 ini.
    agar dapat memperlancadr penyusunan skripsi saya
    terima kasih.

Leave a Reply

