punya anak=repot?

Weits, jangan dulu terprovokasi sama judulnya, ini tulisan saya bikin murni opini saja, kaga ada maksut apeu2. dinikmati saja dahulu wokeh, jangan pake protes, jangan pake melotot, apalagi ngajak adu otot.

Jadi begini loh, kan ceritanya sabtu besok seharian kantor saya bakal ngadain outbond di satu tempat di Bogor (lupa namanya, makanya dibilangnya “di satu tempat”,hehe..). otomatis rencana jemput menjemput yang jadi kegiatan rutin bapake dan ibuke di jumat sore jadi agak terganggu. Rencana gilanya adalah, besok jumat bapake sama ibuke tetep jemput di mari, saptu subuhnya  saya dianter balik ke Bogor , ditungguin otbon, saptu sorenya pulang lagi ke cimohay. Masaoloh, ngebayanginnya pun meni ribet pan? Ahirnya setelah debat ga penting sana sini, diambil jalan tengah bahwasanya jumat sore bapake sama ibuke anjangsana kemari, tapi cuman buat ambil cucian. I know sampe sini pasti anda-anda berpikir saya keterlaluan. Sungguh,bukan saya yang minta,  ibuke yg keukeuh begitu, kemari demi ambil cucian. Katanya daripada saya nyuci kaga bersih, malu-maluin, mending ibuke aja yang nyuci. Lagian di rumah kan ada mesin, ga kaya disini (pembelaan :p). Tambahan, sepertinya ibuke memang hobi skali cuci mencuci (sayang hobi ini kaga nurun ke anaknya). Nah, denger ibuke mau kemari, si setan lewat di otak saya. Outbond besok tuh salah satu barang yg musti dibawa adalah jas ujan. Langsung deh nada suara berubah halus, “bu, besok kesini kan ya? Sekalian atuh aku nitip-nitip gituu, hehe..”. “Nitip apa gitu?”. “ituu, jas ujan. Aku disuru bawa jas ujan, ai aku kan disini gada, ditinggalin di rumah jas ujannya. Yang oren itu loh bu, yang diatas meja”. “ooh iya2, yang di dalem keranjang kan?”. “iya yang itu. Umm, skalian boleh ga bu? Sama kaos putih, celana jeans, blablablaa..”. “iya iya besok sekalian dibawain. Sms aja deh yaa, ibu suka lupa”. “Oke bu, makasih yaaa”.

Beberapa menit kemudian si saya asik-asik ngelist barang yang mau dititipin ke ibu dan langsung ngetik sms “Muntok, aku nitip jas ujan oren, kaos putih, celana jeans, ama sweater item yaa. Eh sama makanan juga,hehe..makasi muntok” (saya punya beragam panggilan buat ibuke, kadang ibu, mumunda, muntok, ma’e, pokonya panggilan sesuka hati). Setengah jam kemudian si teteh nelpon “Makanan apa sih tu kata ibu?”. “ya makanan apa aja deh yang ada di rumah, aku suka males keluar buat beli-belinya,buat bekel otbond ceritanya, hehe..”. “ooh, keripik2an gitu gapapa?”. “Iya gapapa, apa aja deh, gausa banyak2 juga”. “dasar kamu mah ngerepotin”. “week, biarin”.

Sejenak merasa sangat tertohok pas dibilang ngerepotin. Tapi lalu yang muncul malah ingatan waktu suatu hari saya ngobrol sama seorang bapak. Bapak ini punya anak tiga dengan yang dua uda merit, tinggal yang bungsu. Beliau cerita gimana si anak bungsunya ini masih manja dan suka minta ini itu. Intinya masih ngerepotin (si bapak ga bilang langsung, cuman tersirat sekali dari ceritanya). Bersamaan dengan cerita saya yang bilang kalo saya masih suka dianter jemput bapake kemana-mana. Tiba-tiba di tengah cerita, temen saya nyeletuk, “iya Pa, si wulan ini ngerepotin aja. Kemana-mana mesti dijemput”. Dan tau ga si bapak anak tiga bilang apa? “Ya punya anak itu emang ngerepotin. Uda kodratnya orangtua dibikin repot sama anak. Selama anaknya belom nikah, belom diambil ato belom bawa anak orang, uda jadi tanggung jawab orangtua buat ngejaga dan menuhin apa-apa yang jadi kebutuhan si anak. kalo gamau repot ya ga usah punya anak”. Nah lo. Sekali lagi ya biar jelas. “kalo gamau repot ya ga usah punya anak”. Wooo, dalem bener. Ambigu sebenernya pernyataan si bapak barusan. Itu maksutnya memaklumi ato mengeluh yah? Ah, saya sih mikir positip. Berasumsi bahwa si bapa memaklumi kalo ada anak yang emang suka ngerepotin orangtua (yayaya,sebut saja saya), memahami, menerima, dan menyanggupi serta ikhlas direpotkan oleh makhluk berlabel “anak”. Dengan kata lain, “gapapa looh kita para anak ngerepotin orangtua, mumpung belom nikah”, hehe,,eh, ga gitu yah kesimpulannya? Gitu aja dulu deeh. Yah yah yah,,

*doktrin dan kalimat sakti ini ceritanya jadi pembenaran tiap kali saya dicap ngerepotin orangtua,hahaha.,,I’ve told you before, saya ini banyak nyebelinnya, gausah diikutin deh, ntar tambah banyak anak nyebelin di dunya ini :d*.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s