been a month

ALOHAAA!kangen! peluk semua pembacaaa,hehehe,,saya baru sempet megang2 leptop lagii, sebulanan ini jumpalitan ampe kurus megang-megang si anak baru lahir. Hasrat blogging asli uda numpuk segede lemak, apalagi kan janji mau cerita berbagi prosesi kelahiran si anak ya? biar telat asal selamat lah yes? tanpa berpanjang kata, here it goes, prosesi persalinan anak Kira.

RABU, 11 Januari 2012 

it’s my 26th birthday! pagi-pagi seperti biasa jalan keliling rumah sekitar setengah jam. kala itu (tsaaa) udah mulai kerasa agak mules. tapi berhubung saya juaranya mules period, jadi masih aga ketahan karna levelnya masih dibawah period saya (belagu). Itu mules dateng sekitar 15 menit sekali, dan kalo dibawa jalan suka aga makin linu, dan sempet ada lendir keluar. Dalem ati masih bimbang apakah ini kontraksi beneran ato palsu. Salah satu cara bedain kontraksi asli ato palsu menurut cerita yang saya dapet dari bidan di kelas senam hamil adalah, kalo kontraksi palsu itu dibawa jalan-jalan sakitnya akan ilang, jeda datengnya aga panjang bisa setengah jam. Kalo kontraksi asli? ya kebalikannya lah pokonya (males cerita, hehe). Sebenernya sama ibu udah disaranin untuk periksa aja ke rumkit, tapi mengingat sore itu saya ada jadwal senam hamil, jadi mending sekalian aja abis senam periksanya. Oya sebelumnya saya kontrol hari senin, kata dokter udah bukaan satu, tapi masih boleh pulang. Sorenya, mules makin kerasa dan udah mulai bikin gigit-gigit bibir (bibir abang,haha). Di jalan mau senam pun udah paparingkelan ga jelas ampe si bapa sebagai pengantar ngerasa linu juga kayanya. Sampe kelas, sekitar jam lima, si mules makin berasa dan dapet tatapan simpati gratis dari seisi kelas. Sepanjang sesi selama sejam senam, saya beberapa kali berhenti karna si mules yang makin nggilani. Ahirnya abis senam sekitar jam setengah tujuh, langsung diseret bidan buat periksa di kamar bersalin. Waktu itu saya sendirian karna abis dianter bapa, bapa langsung cabs jemput ibu dan boloktono.

Di kamar bersalin, langsung dicek tensi segala macem sama bidan, daan periksa dalem. Ternyata baru bukaan dua, tapi gaboleh pulang sama bidannya karna menurut beliau mules saya udah bagus (mules yang ga bagus yang begimana yaa? yang ga sakitkaah?mauuuu). antara excited, deg-degan, takut, segala macem campur aduk. alhamdulillah ibu cepet dateng dan langsung dampingin saya melewati mules yang makin aduhai. Ga lama ibu mertua juga dateng beserta rombongan, yaitu bapa mertua dan adenya abang. saya sms abang ngabarin bahwa baru bukaan dua, terserah abang mau pulang malem itu ato besok pagi aja. abang sigap, bilang mau pulang langsung, cari travel dan cuuus ke bandung.

Sekitar jam sebelas abang dateng, mulesnya masih asoy geboy, tapi tetep bukaan dua. Masih bisa dan gagah banget jalan-jalan di sekitar kamar bersalin, gangguin suster dan bidan-bidan disitu, dan sebentar-sebentar minta cek bukaan. Ampe tengah malem ternyata masih anteng bukaan dua, bidan udah telpon dokter dan katanya tunggu aja ampe bukaannya agak gede. Tapi sampe jam tiga masih anteng aja itu mules dan bukaan. Udah mulai keluar darah agak banyak sih, dan level mules udah dua tingkat diatas period. jam tiga subuh itu bidan bilang, kalo ampe besok pagi kondisi masih sama, menurut dokter saya harus diinduksi. Ah saya mah apapun, pokonya lahiran normal kalo bisa jangan SC. Abis itu disuru tiduran aja. Boro bisa tidur yaa, pan si mules masih setia mendampingi tiap sepuluh apa lima menit sekali gitu. Yang kasian ya abang, ikutan gabisa tidur karna tiap saya mengerang kaya berang-berang pasti kebangun dan sigap mijit-mijit punggung (cinnntaa).

KAMIS, 12 Januari 2012

Sekitar jam tujuh, saya mandi (iyes, masih jagoan buat jalan dan mandi) dengan darah yang makin deres dan mules yang sebenernya makin dahsyat.masih sempet sarapan dan bercengkrama mesra sama abang.

sekitar jam delapan dikabarin kalo dokter Anna udah dateng dan ngasi instruksi buat saya diinduksi. Siap lah, hayu lah, apapun demi si anak cepet lahir deh. Sistem induksinya disuntik, dikasi tetesan yang jumlahnya akan meningkat per menitnya. Pertama dikasi 10 tetes per menit, ga kerasa apa-apa, malah berkurang mulesnya. Lanjut 20 tetes per menit, sama aja, masih ngerasa jagoan. Nah, pas 30 tetes per menit, disinilah perjuangan sesungguhnya dimulai. Waktu itu sekitar jam 9, dokter Anna masuk dan langsung periksa dalem. Sepertinya dia melakukan sesuatu padaku, karna tiba-tiba sakit dahsyat dan dia bilang “wah ini sih udah bukaan 5 ke 6, udah gaboleh jalan-jalan ya”. Dalem ati “sapa jugaa yang mau jalaan”. Begitu dokter pergi, mulai deh mulaai si tetesan induksi bereaksi. MELILIIT, jendral! Si mules dateng tiap lima menit sekali dengan rasa yang ampuuun dijeee. Itu sakit sukses bikin saya kelojotan sambil dipelukin abang. Kalo ga dipelukin kayanya saya bisa deh nendangin dan nonjokin segala macem di ruangan itu. dengan posisi ngadep kiri, dipeluk abang, dan tangan dipegangin abang, sukses deh badan abang saya remek-remek tiap mulesnya dateng. Udah segala macem babacaan dikeluarin, sampe ga sadar karna inget kata bumil Fita bahwa lahiran itu kaya proses OS, jadinya saya menggumam “IMG sampe mampus, IMG sampe mampus”, hahaha. Kadang ibu mertua masuk kamar dan bantu ngusap2 punggung sambil bilang ‘sabar, sayang. semua perempuan begini, semua perempuan”. Baiklah ibuu, tapi nyeri kacida, bawaannya jadi pengen ngejarit maratan langit ngoceak maratan jagat. Selain mules tiada tara, bawaannya teh pengeeen banget ngeden, which is gaboleh. Kebayang ga sih lagi pengen ngeden tapi dilarang? Ngeden kan hak asasi manusia, masa gaboleeh? Kadang saya curi-curi ngeden (yang entah gimana bisa ketauan aja gitu ama bidannya), dan tiap ngeden kerasa cairan ngerembes. Itu ketuban kali ya? (belakangan saya tau, selain ketuban, keluar juga darah berliter-liter banyaknya,hehehe)

Masuk jam 12 siang, setelah entah berapa kali saya bilang sambil bisik-bisik ke abang (kenapa bisik-bisik?udah abis tenaga, cuuuy), “sakit yaang, sakit banget. pengen bokeeer, sumpah ini pengen boker”, ato ‘sakit yaang, sakiittt. ini kapan udahannyaaa?’, yang selalu dijawab pake sabar dan senyum abang “sabar, sayang, ini ladang pahala buat ayang insyaallah yaa. sebentar lagi, sebentar lagi insyaallah”, ahirnya tiap berapa menit, dicek bukaan dan berturut-turut bukaan 6, 7, 8, dan setelah penantian yang berasa bentar padahal lama, tiba-tiba dokter Anna masuk, dan mendadak semua asa rariweuh. dua bidan ikut masuk dan nyiapin segala macem. Saya antara seneng dan deg-degan. Seneng karna udah mau udahan, deg-degan karna gatau apa yang bakal menimpa saya dalam beberapa menit ke depan.

Karna penasaran dengan keriweuhan, saya nanya

“dokter mau ngapain? emang udah siap ya kita?udah lengkap gitu bukaannya?”.

“Udah, bukaan udah lengkap. yuk ah. kalo saya bilang ngeden, ngeden yang kuat yaa, numpu aja ke pinggang saya”.

“udah boleh ngeden nih? beneran?”

‘iya beneran sayang, yuk. ini suaminya sebelah saya aja, gausah dipegangin, kamu megang kaki aja. begitu mules, langsung ngeden. oke!”

dan, ga berapa lama kemudian mules menyerang.

‘Yaak, ngeden Lan!”

tarik nafas banyak, dan ngeden! kata abang, saya semangat banget waktu ngeden ini dan mendadak terlihat bugar dibanding pas aduh alah mules-mulesan.

“bagus, Lan, terusin terusin ngedennya. Iya bagus ayoo dikit lagi ini mah”

karna termakan omongan dokter, di tengah ngeden saya nanya, “beneran dikit lagi? beneran?”

“iya bener, nih kepalanya udah keliatan”

di sela istirahat ngeden (lagi ga mules), saya malah pengen cepet-cepet ngeden dan ngeden terus bawaannya. Sempet juga ngerasa blank ketika jeda ngeden, yang bener-bener bikin saya ilang sebentar, ga pengen ngapa-ngapain ga inget saya lagi dimana sama siapa berbuat apa. Setelah berkali-kali (tiga apa empat kali) ngeden kalo ga salah, tiba-tiba ada bidan di sebelah kiri saya yang megang perut bagian atas dengan posisi tangan siap ngedorong perut (perut saya laah, masa perutnya sendiri?). Dan ketika mules menyerang, dokter Anna teriak “yaak, ngeden lagi yang kuat Lan”, tiba-tiba berasa ada sesuatu yang ngglosor, dan dokter bilang “yaak, ini kepalanya udah saya pegang! terusin ngedennya, Lan”. Dengan semua sisa tenaga yang saya punya, ngedenlah sekuat tenaga, HMMMMPPPPPP dan ga berapa lama seakan dikomando, tiba-tiba seisi ruangan bersorak sorai bergembira “YAAAK, ALHAMDULILLAH, udah keluar tuh”. FYUUUUUUHHH..alhamdulillah.. saya cuman liat dokter anna megang sesosok bayi kecil mungil belepotan darah rambut item tebel. Dan yang saya inget cuman abang yang sedari tadi ternyata elus-elus rambut saya dan kemudian ngecup kening berkali-kali sambil bilang “selamat sayangku, ayang jagoan”, sambil berkaca-kaca aja gitu matanya. cup cup cup. dan kemudian saya pingsan.

hahaha, boong deeng. Ga pingsan engga, jagoan lagi malah. etapi perjuangan belum selesai sodaraa. Mules masih aga kerasa, dan dokter nyuru saya ngeden dikit (apapula ngeden dikit), dia ngodok-ngodok lagi ke dalem, daan tiba-tiba ngacungin satu benda seukuran kepala bayi menjuntai berdarah-darah warna abu gelap.

“itu apa doook?”

“ya ini plasentanya, kembarannya dia”

hhooo, saya baru tau kalo plasenta itu gede dan abu,haha..

selesai si anak dibersiin, dia disodorin ke saya buat IMD. rasanya? ga ngerti, rasanya susah diomongin disini. tiba-tiba ada bayi, nemplok di dada saya dengan rambut tebel (suer, rambutnya tebel gondrong dan item asli –> 1.5 gram aja ternyata setelah dicukur dan ditimbang), mangap-mangap nyari makan, utek-utekan. Sementara saya masih ngadegdeg bin ngagibrig, itu anak anteng aja gitu bertengger. pertama kali peluk dia, rasanya subhanallah sekali. Ga percaya udah punya anak, ga percaya udah jadi ibu, ga percaya ada makhluk bisa keluar dari rahim saya, dan hidup! sambil melukin, saya nerawang entah mikirin apa, membiarkan dokter ngejait di bawah sana, ngebiarin abang dan si adenya moto-moto.

Dan ternyata udah sebulan berlalu sejak saya ngalamin ini kejadian. sampe sekarang masih amazed, masih suka ketawa-ketawa dan mengharu biru inget prosesi lahiran si anak ama abang. apalagi kalo abang bilang saya sempet melintir tangan abang waktu kelojotan itu,haha.. semoga sehat terus ya nak, jadi anak pinter, solehah, baik, berbakti, selalu dilindungi dan dalam berkah Allah swt,aamiin..

We love u,kid. you are the only mark of our love. kiss, love, and gaul from ibu bapa.

si anak udah segede gini sekarang

12 thoughts on “been a month

  1. huuaaa..IMGeh yah Ibu Wulan.. congrats..!!
    semoga dede Kira sehat selalu, Pinter, Sholehah dan selalu jadi kebanggaan orang2 di sekitarnya..
    kiss kiss dede Kira..🙂

  2. knp klo baca proses lahiran orang2 mah asa terharu,
    baca yg ini mah asa ngikik2.. :p
    sumpah itu mendesis IMG dalam prosesnya?? :))
    ih hebat neng ulannn😀
    titip cium teruntuk si beybiii.. :*

  3. bagian paling ga banget, pas pura2 pingsan..hahaha :))

    asa dejavu baca postingan ini lan, pedah sarua aya dokter anna na sigana nyaa hihi🙂

    enjoy motherhood ya bu wulan. kecup sayang buat kira :*

  4. sHu ha hu ha hu ha para senior sudah sukses melahirkan bayi bayi unyu…membaca ceritanya sungguh inspiratif hahaha kadang mikir proses melahirkan itu romantis sekali ya, waktu baca yg anggun sama sekarang yg wulan, kerasa bgt yg mau dilahirin teh buah cinta hehehe.

  5. hwaaaa bacanya dag dig dug tp ngikik geli,,
    selamaatt dan suksesss selaluuu hihihi,,
    hebaat sekali lan,, semoga si anak manis dan lucu itu semakin tumbuh cantik seperti tante tanti,, aminnn

  6. huaaa bacanya kayak ikutan nonton di ruangan, lebih seru dari pada nonton Underworld sendirian :))
    selamet jadi ibu yah teteeeh
    sampe ketemu di kantin kantor *lha* ^.^v

  7. baca ini saya nangiiiiiissss :))
    pegang perut, ikutan mules, goyang kiri kanan karena malu keliatan lagi srot-srotin idung ;))

    selamat ya neng ulaaaan. insyaAllah sehat solehah dedeknya.
    haduh ampun maapin belum sempat nengokin ponakanku, kapan2 ya insyaAllah

    cups :*

    • Hahahha,aku juga bari mules da nulisnya..aamiin,nuhun ateu tiffa..hayu atuuh,aku mau ditengokiiiiin meh katularan pinter *loh,aamiin😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s