Kira sakit :(

Iya, si cantik anak ibu lagi syakit. Awalnya batuk-batuk ringan (which is kata dokter kemungkinan besar adalah alergi). Lalu kemudian si batuk jadi parah ditambah panas demam naek turun. Curiganya sih (bukan suuzon, bukaaan) ketularan dari bibi asuhnya Kira yang emang udah sakit batuk agak lama ga sembuh-sembuh. Hari Kamis saya izin kantor setengah hari buat bawa Kira ke Hermina Bogor biar nerusin buku mediknya yang di Bandung. kebetulan juga di kantor lagi ga ada bosses. Pergi ke Hermina sama bibi, dengan tujuan bisa gantian pegang Kira pas ribet dan biar bibi bisa tau kalo Kira sakit itu kemungkinan nular dari dia. Dokter yang ada waktu itu adalah dr. Dewi namanya, pasiennya buanyaak, saya aja dateng jam 9 dapet urutan 21. glek, lama aja.

Pas masuk, langsung curhat sama dokter blablabla. Diperiksa dan ternyata memang benar sodara-sodara, Kira sakit karna ketularan dari “orang rumah yang kayanya lagi sakit juga” which is bibiho. Hiks. Saran dokter waktu itu adalah Kira dan bibi untuk sementara dipisahkan dulu tak boleh saling pegang apalagi saling cium *kekep Kira erat-erat*. Dikasih obat batuk, pilek, dan penurun panas. Dengan berbekal keyakinan bahwa tanpa obat pun insyaallah Kira bisa sembuh, saya dan abang sepakat si obat jangan dulu dikasiin, sebisa mungkin Kira di home treatment dulu (HT), terapi uap, banyakin mimi, berendam aer anget, dan skin2skin.

Hari Jumat saya izin ga ngantor seharian biar bisa pegang Kira, menghindarkan bibi deket-deket Kira meskipun bibi tetep masuk buat beberes dan masak. Kondisinya masih batuk, dan sempet demam ampe 38. Sorenya, ibunya abang dateng langsung terbang dari cimahi demi denger cucune sakit. Sabtunya, bibi saya liburkan, biar istirahat dan ntar senin masuk udah sembuh binti mendingan. Nah, sabtunya ini Kira reweeeeell banget. Nangis mulu, muntah-muntah lendir, dimimikin gamau, ditaro kasur gamau, pengennya digendong terus, dan buang air ampe dua kali (biasanya Kira pup adalah 3-4 hari sekali bahkan ampe sminggu sekali). Gantian deh ama mertua gendongin Kira. Kasian liat si anak nangis kuyu hilang gairah. Akhirnya nyerah dan ngasi Kira obat penurun panas dan batuknya (maaf, nak). Alhamdulilah malemnya bisa tidur tenang walopun sempet kebangun tengah malem buat muntah-muntah.

Hari Minggu, bala bantuan datang dari mumunda bapake. Kondisi Kira udah mulai bagus, ga rewel, walopun masih batuk dan agak panas. Sempet muntah dan pup berlendir lagi. Siangnya agak rewel dan anget dan setelah diukur, suhunya 38.7! Panik, semua orangtua disitu menyarankan Kira dibawa ndokter lagi. Hermina lagi, dr Dewi lagi. Setelah diperiksa, ternyata ada sejenis bunyi abnormal di bagian tubuh sebelah kanan, dan kalo batuk biasa harusnya panasnya ga naek turun. Disarankan untuk ambil darah, guna mengetahui apakah ternyata penyebab Kira batuk demam “cuman” virus ato bakteri. Kalo bakteri, musti dikasi antibiotik. Hiks

Sejam setelah cek darah, keluarlah hasilnya, dan jreng jreng…. Nilai CRP (penanda bakteri) Kira tinggi banget. Nilai normalnya adalah <6, sementara nilai Kira adalah 58! Berapa kali lipet coba, huhuuuu. Pas masuk ruangan dokter lagi, dokter liat hasil, kemudian aga menghela nafas sambil nanya,

“ayahnya mana. bu?”,

“ga ada, dok”.

“sendirian yah? hmmmmm, gini ya bu. dari hasil lab, nilai CRPnya tinggi banget, artinya memang ada bakteri di paru-parunya dan ini sebagai indikasi radang paru ringan. Saya tau ibu parno kalo Kira dikasi antibiotik, tapi cuman ini jalannya. Takutnya kalo ga diobatin, si bakteri bikin koloni makin banyak dan dikhawatirkan jadi radang paru. Untuk sekarang, kita coba dulu antibiotiknya seminggu, nanti Kamis ibu dateng lagi, ceklab lagi. Selama seminggu ini Kira diobservasi dirumah, kalo ada seseknya, ibu langsung bawa kesini dan Kira harus dirawat”.

coba, emak mana yang ga pengen nangis denger anak umur tiga bulan yang selama ini ga pernah kemana-mana dijagain bener-bener ternyata kena radang paru ringan? Huhuhuuu, Kiraaaa.. Saya cuman bengong dan sedikit syok sambil berusaha tetep tenang denger penjelasan dokter. Keluar ruangan dokter pun sambil ngalamun, nyaris lupa musti nebus antibiotik di apotek.

Setelah cerita sama para orangtua, disarankan untuk saya cuti dan ngobservasi Kira di Cimahi. Kenapa? satu, kalo Kira tetep di cibinong dan diasuh bibi, takutnya sakitnya tambah parah. Kan ga match kalo Kira diobatin, tp bibi tetep sakit. kedua, kalo saya cuti tapi tetep di cibi, sama juga boong. tetep ketemu bibi (walopun ga pegang Kira), dan menghirup udara yang sama persis, nampak percuma juga. ketiga, berhubung saya di cibi berdua Kira doang, dikhawatirkan kalo malem-malem ada apa-apa (amit-amit!) gimana coba? bisa panggil taksi, tapi iya kalo ada, kalo ga ada? kalo di cimahi kan ada bapake yg standby 24 jam bisa anter Kira kemana-mana. Berbekal alesan ini, saya minta izin abang buat bawa Kira ke cimahi, diobservasi disini, dan cari second opinion dari dokter dimari.

Dan sekarang hari ketiga observasi, alhamdulillah kondisinya mulai bagus. Panas udah ga naek turun, batuk udah mendingan, pilek juga rada ga mampet, walopun mimiknya ga begitu bagus. Antibiotik masih jalan (maaf, nak. maaaf😦 ). Rencananya besok ato Kamis mau ke dokter lagi dan cek kondisi Kira. Mudah-mudahan ga perlu dirawat ya, nak..

Cepat sembuh, anak cantik ibu. Ceria lagi, senyum-senyum centil lagi, dan temenin ibu begadang lagi. i love u :*

7 thoughts on “Kira sakit :(

  1. Cepet sembuh ya Kira…sedia Tempra drop dirumah lan, as pertolongan pertama, tp Gia biasanya dibalur ama parutan bawang merah plus minyak telon juga..

  2. salam kenal mba,, aku sekarang jg lagi ngalamin hal yang sama. bayi ku umur 10 bulan, batuk pilek hanya saja nilai CRP nya 34. dan dokternya sedikit nakut2in karna harus dirawat, tp aku nya gak mau.
    Akhirnya kira gimana mba setelah dikasih antibitoik? trus diagnosa yg indikasi radang paru ringan itu gmn ? aku udah lemes duluan denger kata2 itu.🙂

    • hai mba Kastin, maaf ya baru buka blog lagi nih. gimana skrg anaknya? waktu itu dokternya salah diagnosa kok, tapi tetep kukasih antibiotik. at the end itu hanya batpil biasa dan sembuh setelah kurleb semingguan..

      udah sehat dong ya skrg anaknya? salam ya buat keluarga,,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s