ibu dan bapak

Jadi, seperti pemirsa ketahui bahwasanya sejak saya dan abang punya Kia, kami berdua sepakat untuk dipanggil ibu dan bapak. Sounds kuno yah? Engga juga sih, soalnya saya dan abang adalah sebagai dibesarkan oleh orangtua dengan panggilan ibu bapak. iya, abang manggil orangtuanya ibu bapak, sayapun demikian. Jadi ceritanya kami pengen melestarikan panggilan itu dan juga menurut pemahaman serta pandangan ideologi, panggilan ini semacam everlasting, elegan, dan mantes.

Tapi masa diprotes sama bibi.. Dan bibi secara frontal ngajarin Kia manggil ‘ayah’. saya keukeuh ngajarin Kia manggil orangtua laki-lakinya itu ‘bapak’. gitu trus tiap hari, bibi ngajarin ayah, saya ngajarin bapak. Kasian kan kiakia. Abang sih membahasakan dirinya ya jelas bapak lah, orang sebelum Kia lahir, abang emang semangat pengen dipanggil bapak.

Sampe satu hari bibi cerita gini,’neng, ayahnya neng Kira dibilang cakep loh sama orang-orang sini. Tapi pada menyayangkan pas tau kalo dipanggilnya bapak. Katanya gini neng, Kira manggilnya apa bi? Bapak. Yaaah ko bapak sih? Sayang banget ganteng-ganteng dipanggil bapak’. Saya bengong. Haloooo, yang bikinnya siapa yaa? Lagian kenapa emang kalo dipanggil bapak? Ga pantes gitu buat tampang ganteng abang? Ah kan orang ganteng mah dipanggil apa aja pantes iiih. *misuh-misuh sama orang komplek*. Huh!

Lagian ya, kalo kata temen saya yang anaknya seumur Kia dan dipanggil ibu bapak juga, panggilan ibu bapak itu sangat indonesia, dan terutama adalah panggilan yang pantes walopun kita lagi gapunya duit,hahaha…

‘bu,bu minta uang jajan doong’

‘aduh nak, ibu lagi gapunya uang’

dinilai lebih pantes dibandingin,

‘mami, minta uang jajan doong’

‘aduh, mami gapunya uang nak’

*ini teori saya dan siteman aja ko, jangan kesinggung yess buat yang panggilannya non ibubapa😀 *

 

 

 

Leave a Reply

