we called it: pengorbanan buahnya manis

jadi kemaren Minggu, waktu hujan sore-sore, kilat sambaar pohon kenari, Kiachan bobo, abang dan saya asyik masyuk di ruang tengah. NGAPAIN? ngobrol doaang, tapi seru dan hangat sekali. Entah ngomongin apa pertamanya, ampe tibalah kita pada satu masa ngomongin kehidupan setaun lalu.

Jadi gini, setaun lalu sekitaran bulan Maret, saya kan ikut abang tuh ke sgp, dengan ngegantungin kantor dan bertekad ngikut disana, cari kerja apapun deh, pokonya sama abang. Seminggu disana, ketauanlah kalo saya positif hamil (pantesaan sensi parah ampe sok-sokan mau resign, hahaha). Seminggu sebelum saya memutuskan ikut, abang udah berbaik hati nyariin tempat tinggal buat saya tinggal disana nanti. Sebelumnya abang tinggal bareng enam temenya di satu apartemen daerah Simei, tapi demi jaga privasi dan kenyamanan saya, doi rela nyari tempat baru dan duit yang lumayaan (uhuk, masih agak nyesek kalo inget harga sewa kamar sebulan yang sebanding sama….ah udalah).

Nah kan seminggu pertama ketauan hamil tuh, trus ceritanya abang lagi dalam tahap proses penerimaan kantor sekarang (semuanya ada sekitar enam kali tes, abang udah nyampe tahap ketiga kalo ga salah), dan di minggu ketiga, ada panggilan untuk tes berikutnya. Singkat kata, abang dilema antara ambil atau lepas si panggilan tes ini, karna waktu itu kondisi keuangan kita lagi agak seret, setelah dipake bayar kamar sebulan full, bolak balik cek janin ke rumah sakit (which is agak euhuk mahal juga), dan biaya sehari-hari yang lumayan juga, jadi kalo uang yang ada dipake buat bolak balik indo-sgp buat tes, bakal agak berat.

Malem itu, hari Rabu kalo ga salah (karna besoknya, which is Kamis abang tes wawancara) abang nyuruh nyiapin baju dan koper untuk kemudian nunggu dijemput sepulang kerja. Di dalem taksi di perjalanan, keliatan banget die bingung dan berkali bilang, “kalo ga dapet tiket pulang malem ini gimana?’, ato ‘kalo aku ga lolos gimana?’, ato ‘ini bener ga sih kita kaya gini? asa nekat gini’, dan yang paling greng adalah ‘sayang, kalo wawancara gitu pake baju apa sih? aku cuman bawa batik lengan panjang’. Ampuuunn, die pikir kondangan apa.

So I just held his hand, and said ‘sayang, tenang ya. Gini aja, kalo malem ini kita ga dapet tiket pulang, berati ga ditakdirkan buat pulang dan ayang nyoba. Tapi kalo kita bisa dapet tiket, ayang jalan terus ya, jangan mikir takut ga lolos dan lain-lain dan lain-lain. Kalo jodoh ayang disitu, insyaallah dimudahin jalan kita buat kesana. Masalah baju, nanti aku tanyain temenku kali ada yang mau minjemin bajunya buat ayang’. And you know what? begitu nyampe bandara setelah penuh drama di taksi, masih ada EMPAT seat pesawat buat malem itu! dengan harga total 615 SD *langsung puasa daud sebulan penuh saking kere-nya*.

Begitu nyampe jakarta, kita nginep di hotel deket tempat kos saya dulu di Jl Kebon Sirih. Paginya, setelah sarapan dan deg-degan nunggu si temen bawain kemeja pinjeman,  pergilah abang dengan bekel kecup kening dan mulut saya yang ga berenti komat kamit, wishing for the best for my husband. Sambil nunggu abang wawancara, saya leye-leye sambil pesen indomi rebus (oke, infonya kurang penting sekali).

Ternyata dapet giliran pertama dia, jadi jam delapan udah selse dan langsung ngabarin buat saya siap-siap untuk langsung pulang ke bandung. beberapa hari setelah itu dapet kabar kalo abang lolos wawancara dan diminta tes fisik. Untung waktu itu blom sempet pulang ke sgp, jadi ga perlu buang duit lagi bolak balik lagi, kan cuape (halasyan). Setelah tes fisik adalah wawancara akhir dan langsung pengumuman penerimaan (kalo keterima).

Beberapa minggu kemudian, saya inget banget waktu itu hari Sabtu, kita lagi di Cimahi, saya solat dzuhur dan abang leye-leye di kasur. Selse solat, abang peluk saya kenceng banget, sambil masang ekspresi tak terkatakan dia bilang, ‘Sayang, aku dapet email. Katanya aku keterima!’. Alhamdulillaaah.. saya balik peluk kenceng banget, speechles, gabisa nahan haru, dan langsung sujud syukur saking…ah undescribes feeling. Lega, bersyukur, plong, bahagia, semua jadi satu. Terbayar sudah semua kegalauan dan kebimbangan kami. Rasanya semua beban di pundak diangkat dalam sekali tarikan halus, semua jerih payah abang bolak balik indo-sgp, semua kebimbangan saya untuk tetep jadi pns (pegawai negara singapur) terjawab sudah. Alhamdulillah..

Dan hari ini, setaun udah lewat. Saya tanya abang: pernah nyesel ga sih ngeluarin duit segitu gede buat nyewa kamar yang bahkan ga ampe sebulan kita pake?

Gini jawabnya, ”aku ga pernah nyesel ngeluarin uang berapapun buat kenyamanan ayang. Kalo kita ga pernah di titik itu, kita ga pernah tau kali bakal begini jadinya. Kalo ayang dulu ga nyusul aku, mungkin aku ga ada waktu ayang pertama kali ketauan hamil, mungkin ayang ngerasa ga enak dan galaunya lebih lama, mungkin aku ga akan ikut tes-tes ini, mungkin aku sekarang masih kerja disana dan jauh dari anak istri, mungkin ayang bakal tetep resign, mungkin aku gatau ada kesempatan ato ga buat aku bisa kerja layak di indo, mungkin kita ga ngerasain yang namanya duit kepepet, dan mungkin kita ga punya anak lucu yang lagi bobo itu. Intinya, aku anggap itu pengorbanan lahir batin kita buat sampe di titik yang sekarang, and now im happy more than ever for having you and Kia in my life”. Gitu cobaaa..

gabisa ngomong, terlanjur terharu dan meluk kenceng si orang ganteng baik hati ini.

*lalu semua buyar karna Kia bangun*.

3 thoughts on “we called it: pengorbanan buahnya manis

Leave a Reply

