life is a choice, so is priority

Kali ini critra saya mau berkutat seputar prioritas, antara kantor dan keluarga, tujuan hidup ke depan, karir, dan segalanya. Apalagi kemaren kiachan sempet dirawat di rumkit gara2 tifus. Hiks, kegagalan terbesar saya sebagey seorang ibu terjadi ketika kia dirawat, tifus pula. Hati ibu mana coba yang ga hancur minah liat anak bayi disuntik jarum infus. Huweeee…

Oke, mulai dari awal yaa..Sejak diterima pns taun 2009, salah satu target saya terkait kerjaan adalah lanjutin sekolah. Dulu jaman masih gadis polos bersahaja, impian saya adalah sekolah di luar nagari (luar rumah juga cukup). Seiring berjalannya waktu, saya nikah sama si pria impenan, punya anak bujel (bulat jelita), dan disibukkan hal-hal printilan sebagai istri dan ibu, impian diturunkan darojatnya, cukup di dalem aja, dalem hati, hehe dalem negri atulah.

Memang, jalan buat sekolah lagi apalagi buat PNS adalah amat sangat terbuka super lebaaar, asal rajin nyari dan niat yang teguh, sebutin deh mau sekolah dimana. Eropa, Ostrali, UK, USA, Zimbabwe, Ghana, Namibia, tinggal sebut! Nah, di kantor saya ini kebetulan agak banyak alumni kampus gajah yang berhasil berhasil berhasil hore! Lanjutin sekolah ke luar. Dan cencu pas pulang memotivasi kami, para adek kelas pemalas ini buat ngikutin jejaknya nyari beasiswa dengan penuh kerajinan tangan dan kesenian, alias lebih getol. Ada satu obrolan yang saya inget banget, terjadi antara saya dan alumni –yang ceritanya baru pulang sekolah dari negeri bersalju-

Lan, ga pengen nerusin lu?

nerusin apa?

Nerusin sekolah laaah

Oh, kirain nerusin perusahaan

Emang punya?

Engga, hehe

Jadi gimana? (udah kaya ditembak aja nanyanya)

Ya pengen laah, pengen banget malah. Bisa sekalian ngurusin anak gw soalnya (ketauan dari awal motivasinya emang cuman pengen libur kerja, tapi tetep dapet gaji,huehe)

Ya sok cari atuh, dimana rencananya? Gw punya link nih, tar gw bantuin deh. Jerman? Belanda? Jepang? Amrik? Bosnia?

Ah, di dalem aja,mas

Lah, ngapain? Sayang banget ih. Ke luar aja

Ya terus anak suami gw ditinggalin gitu?

Ya dibawa lah

Iya kali suami gw pengangguran. Lagian kasian amat, kemaren suami bela-belain cari kerja disini, masa sekarang gw tinggalin, lagian anak masih kecil gitu.

Ih sayang banget. Mending keluar, lan. Ngapain di dalem negeri? (duileh, kaya tk ampe sarjana ga di dalem aja deh situ)

Engga ah (mulai males)

Bu **** dulu, abis lahiran langsung sekolah ke Ostrali. Mantep kan?

(ngebayangin abis lahiran jaitan nyut-nyut naik pesawat duduk di ruang kelas)

Eh ya tapi terserah lu deng, prioritas lu apaan.

NAH KAN NAH KAN! Saya yakin sehaqqul haqqulnya kalo nyaris semua ibu yang punya keluarga, sejak awal nikah punya anak suami, ga perlu dijelasin ke semua orang kayanya kalo di jidatnya udah ada tulisan KELUARGA NOMER WAHID. Iya, saya masih sering dines luar, iya saya sering nitipin dan niggalin Kira karna kerjaan kantor, tapi kalo disuruh sekolah ke luar ya ga usah pake mikir pasti langsung bilang enggak dong. kalo sekolah bisa lulus seminggu dua minggu ya mao, tapi kan MANA ADA? Sejak saya nikah, kira dan abang adalah nomer satu. Apalagi kemaren Kia sakit, udah ga kepikiran deh kerjaan kantor yang bejibun itu. Yang penting gimana caranya Kia sembuh, ga sakit-sakit lagi. Saya sempet nyalahin diri sendiri dan nanya sama abang, apa harus resign demi total ngurusin Kia? Im deppressed you know, sediiih banget, berasa paling ga becus sedunya ngurus anak. Berasa istri ga guna karna gabisa jagain anaknya abang. Berasa super egois karna bisa-bisanya membiarkan bakteri masuk tubuh Kia. Berasa ga jaga amanah Allah baik-baik. Dan empat hari bareng Kia dua puluh empat jam ngurusin segala kebutuhannya, asli damai banget. Walopun Kia jadi agak manja dan maunya nempel-nempel saya terus, saya ngerasa dibutuhin. Dan janji dalem hati, i won’t let any viruses or bacterias or anything put off my daughter’s smile, ever! Dan tega gitu saya ninggalin anak cantik itu demi secuil gelar luar negeri yang ga akan saya bawa mati? Bisa-bisa pas saya lulus, dia manggil saya ‘tante’, ato malah punya mama baru? Amit-amit gustiiii *ketok meja kayu jati*. Huffft!

Tapi, as i told you, balik maning ke priority masing-masing dan apa tujuannya. Ga bisalah saya sok bener dan menghakimi orang-orang yang memang sudah memilih jalan demikian. Siapa tau tujuannya pun tetep keluarga, tapi ditempuh dengan jalan yang berbeda. Ya syukur-syukur bisa sekolah sambil bawa keluarga, itu sih namanya ilmu dapet, pahala nyenengin keluarga juga dapet. Yang pasti, apapun itu, niatkan untuk kebaikan, menunjang akhirat, dan banyak maslahat, bukan mudharatnya *edisi Mamah Dedeh.

Kalo kata bapak bos, “Yang mikirin negara mah banyak, yang mikirin keluargamu ya cuman kamu. Tanggung jawabmu langsung sama yang di Atas, sanah urusin anakmu”, gitu katanya waktu ada salah satu staf minta izin ga masuk kantor buat nganterin anaknya yang sakit ke rumah sakit.

*lalu semua staf mendadak izin rame-rame, tinggal pak bos sendirian mikirin negara )))

Ps: yang lagi LDR sama keluarga entah karna sekolah atau bekerja lalu baca ini, jangan emosi ya, ini murni curhat saya aja, dan diambil dari sudut pandang ibu-ibu yang sok tau. Salam hangat buat keluarga, kecup sayang buat si kecil :*

6 thoughts on “life is a choice, so is priority

  1. Sehat selalu ya kiaaa🙂 ibu bapaknya juga🙂
    Hebat lan, masi ada niatan sakola.. Saya mah meni asa tos teu kahatean plus teu kaotakan hahaha.. Sing kacumponan kahoyongna🙂
    InsyaAllah, Allah meninggikan derajat org2 yg berilmu.. Di haditsna teu disebatkeun milarian elmuna kudu ka luar negri da lan hehe😀

  2. You’ve grown up yaaa.. mpris mah belom mikir sampe sana. belom posisi disana jadi kalopun beropini hanya sebatas opini atau hipotesis yang perlu uji coba keabsahannyah.. *halah, ribet :)))*

    Semoga kiakia sehat selaluu, ibunya juga.. aah kangen kalian berduwaaa :* :* smoga lekas diberi kesempatan sekolanya..🙂

    eniweeyy.. statement bosmu keren pol.. semoga yaa bos2 disini dianugerahi pemikiran macam begituh.. *malah curcol* :)))

    • ah, mpriso, kan sudah kubilang ini hanya opini dan curahan hati emak2 sotoy yang sebenernya pengen sekulah tapi punya kewajiban lain yang lebih utama,hehehe..
      amicutuu :* :* sakses yaa sekulahnyaaaa. kalo udah s2 ga bisa lari2 gabrug2 di lorong labtek lagi :)))

  3. wulaaan. aku suka banget tulisanmu yang ini. Hehehe. Kamu bikin aku galau deeeeh, kbtulan aku ;lg daftar mau ambil spesialis. Sempet maju mundur mutusin maju terus atau enggak krn kepikiran rashdan dan abang. Huaaaaa, Tapi alhamdulillah didukung abang buat lanjutin terus… doakaaaan aku…

    • makasih,aul🙂
      semangat dan selamat yaaa, insyaallah kalo didukung dan suaminya rido mah lancar dan barokah..spesialis apa nih?kulit yaa?nanti aku konsul aah,biar cantik :)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s