Happy mommy, happy baby, happy family

Slogan yang pastinya sudah akrab sekali di kuping para mamah muda anak baru satu (mahmud abas) ya. Dan slogan ini adalah benar adanya, hai pembaca yang budiman. Setelah hampir dua taun menyandang predikat ibu (cailah baru dua taun doang sombong), tau bangetlah gimana serunya jadi ibu, si penanggung jawab keberlangsungan perputaran roda kehidupan kerumah tangga-an . Mungkin harus ditambahkan: happy tummy sebetulnya,huehehe.

Pernah ngalamin ga mood ibu jelek, merembet ke mood anak ikut kacau, lalu segala kelakuannya mendadak ajaib, merembet juga ke hasil masakan yang ga tentu arah dan rasa, dan utamanya adalah si pasangan yang kena semprot padahal dia cuman lupa naro cucian di keranjang? Sounds familiar bukan? Hahaha,,(familiar alias curhat). Awal punya Kia, uuh jangan ditanya berapa kali mood berantakan yang lalu ngaruh ke segala aspek keberlangsungan perputaran kegiatan kerumahtangga-an.  Sukur Alhamdulillah dikasih suami super bageur yang kalo istrinya uring-uringan teu puguh, langsung ngasih peluk dan kecup sambil usap-usap punggung, tanpa ikut marah ato nanya macem-macem. Dulu butuh waktu agak lama sampe mood mereda dan membaik. Sekarang setelah banyak dinasehatin abang, paling lama yaa tujuh koma dua tiga jam lah ngambeknya. Dulu frekuensinya bisa sampe tujuh hari dalam seminggu (tiap hari atuh eta mah, apalagi kalo jatah bulanan telat, hehehe), sekarang jadi yaa seminggu dua kali lah. Dan terutama kalo sabtu minggu ada aturan dilarang baeud ato manyun di rumah. Lama-lama saya berhasil menemukan beberapa trik buat ngembaliin lagi mood ke tempat yang seharusnya. Berikut beberapa hal yang dilakuken kalo bête lagi melanda, versi saya, bukan versi on the spot:

  • Cuci piring –> it really works for me. Kasilah cucian piring setumpuk (khusus piring dan sendok garpu tapi, no wajan panci ato yang bentuknya aneh-aneh), niscaya cucian cling kembali, bad mood pun terbang jauuh
  • Makan –> anak tk juga tau kalo makan bisa banget nyembuhin mood yang alaihim, terutama kalo makanannya enak dan haratis. Happy tummy, happy mommy, happy baby, happy family.
  • Kentjan berdua –> ini penting untuk menjaga api cinta tetap menyala dan berkobar. kami ngelakuinnya sebulan sekali , biasanya di awal bulan dimana kondisi lagi agak banyak cicis. Bisa berupa nonton, makan, ato sekedar jalan liat-liat yang “pecah berarti membeli”. Ujungnya sih tetep mampir giant ato kerfur beli susu dan popok Kia.
  • Buka apps Sing! –> lalu nyanyi-nyanyi sampe putus pita suara
  • Tidur –> what else? Nenek-nenek kuliah s3 juga kalo stress pasti langsung lari ke tidur. (which is jarang terjadi sama si mahmud abas satu ini, karna you know lah)
  • Dikasih surprise –> who doesnt like it? *kodetakodekode*
  • Ada satu yang belom kesampean yang sebenernya haqqul yakin bisa bikin mood oke dan ubah suasana, yaitu: dines ke kota yang sama di waktu yang sama. Selama ini abang belom mau kalo diajakin hanimun berdua kesekian kalinya, katanya kasian Kia, ntar aja nunggu Kia gedean. Jadi satu-satunya yang mungkin adalah kalo dapet dines barengan, semoga kesampean di taun ini, hihi..aamiin. errr ini juga agak disangsikan keberhasilannya sih, secara ga ada istilah dines bareng karna kesepakatannya adalah dalam waktu sama hanya boleh dines salah satu, dan kalo bentrok, cuman abang yang boleh pergi, ahiks..

Sebenernya semua balik maning ke pribadi ya. Memang jadi ibu-ibu itu musti pinter. Pinter ngurus alias beberes rumah, masak, ngajarin anak, ngelola uang, ngurus suami, upgrade ilmu parenting, curi-curi me time, dan terutama pinter merawat diri biar tetep cling dan ga ketuker sama ART di rumah. Jadi ya pinter-pinternya kita ngatur dan jaga esmosi agar keberlangsungan perputaran kehidupan roda kerumah tangga-an berjalan aman, lancar, nyaman, dan sentausa bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya. Jagoan ih ibu-ibu teh. Hidup ibu-ibu!

One thought on “Happy mommy, happy baby, happy family

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s