maling sepeda dan ip cam

followers ig saya (selebgram ceritanya) pasti pada tau kalo sejak kurleb tiga minggu lalu ada ip cam terpasang manis di rumah. kenapa why selalu always? karena because telah terjadi pencurian sepeda secara massal di komplek saya. APPA? TIDAAAAAK!

dan rumah kami termasuk salah satu dari tiga sepeda yang dijarah malam itu di komplek. wow wow wow? gimana ceritanya? baiklah, mari kita lihat faktanya.

suatu pagi sekitar jam enam, saya buka pintu mau beli bubur yang saban hari lewat depan rumah. maklum emak males bizi jadi hari itu (bener, hari itu doang) sarapan anak kicik ya seadanya. pas buka pintu, kok ada yang janggal? kenapa rak jemuran ada di taman? hmmm, perasaan tiap hari ditaro di garasi deh. lalu melangkah lebih jauh dan menemukan keberantakan hakiki terdiri dari ponco abang, plastik, dan sebagainya. lalu jreeeeng, SEPEDA MANAAAH? langsung lemes ngeliat sepeda plus keranjang sudah tidak pada tempatnya.’yaampun kiiiw (manggil kia), sepeda ibu ga adaa! diambil orang! iiiihhh *speechless* ‘hah?ada apa ibu? sepeda siapa diambil? kok bisa?’ ‘gatauu,diambil orang semalem kayanya. alhamdulillah sepeda kamu masih ada tuh da digembok. huhuuu gimana ini kiaaa’ kia pun speechless dan perlahan merangsek nempel ketakutan sama ibunya. ‘jahat dasar maling teh, keun welah moal barokah da hasil maling mah ya kiw, biar alloh aja yang bales’.siibu terdorong napsu jadi nyumpahin maling.

setelah pulih dari siyok, langsung nelpon satpam andalan ‘haloh, pak. semalem bapak giliran jaga ga? sugan liat ada orang ngedodorong sepeda’. ‘punten bu, saya ga giliran jaga semalem, ada apa?’ ‘ gini pak, sepeda saya ada yang ambil. tolong tanyain ke satpam yg jaga semalem, sugan liat ada orang dorong-dorong sepeda, da ga mungkin dinaekin, orang bannya bocor’ ‘ooh, yaudah saya koordinasi dulu ya sama yang semalem jaga’ ‘oke,pak. kabarin ya, telpon, sms, watsap, line, telegram kalo perlu’

abis nelpon satpam, langsung nelpon abang yang waktu itu lagi di medan. ‘haloh, yaaaang, sepeda kita ada yang nyuriiiii!’ ‘hah? kok bisa?’ -______- . ini anak sama bapak pertanyaannya sama, kok bisa, harus jawab apa cobaa. ‘iya, aku kan baru buka pintu mau beli bubur, pas liat kok jemuran ada di taman, eh pas liat lagi kok berantakan dan puncaknya pas diliat, sepeda kita ga ada coba. yaampun, padahal biasanya aku gembok da sepeda teh. tapi gila aja, sepedanya kan gembos, uyuhan ih ngangkutnya juga meni peer. ini aku udah telpon satpam sih, minta ngecek sapa tau liat orang semalem nenteng sepeda’ ‘yaaaah, tapi kayanya malingnya ga mungkin lewat depan deh, kayanya lewat jalan-jalan samping yang masih pada kebuka itu’ ‘huhuu, gimana atuh?’ ‘ yaudah atuh mau gimana, udah gapapa, bukan rejeki kita’ ‘iya sih, lagian ih da moal barokah barina ge nya duit hasil maling mah. keun weh sina dibales ku gusti alloh’. masih napsu rupanya siibu.

abang pas share di grup bapak2 komplek ternyata malah dapet update kalo dua sepeda milik tetangga juga ilang, plus helm dan beberapa pasang sendal jepit. seketika waga pada ngecek dan ditemukan lagi kehilangan sendal jepit lainnya. pas saya cek lagi, eeh sendal jepit abang ilang juga -____________-.untung sendal saya dan kia engga (mental indonesia, apa2 masih bilang untung,hihi)

singkat cerita, setelah komplen sana sini sama developer karna janji mau nutup akses tapi belom-belom juga, abang yang hariwang karna ngerasa sering ninggalin anak bini di rumah, langsung pulang dari medan (emang udah jadwalnya pulang aja deng) dan niat beli cctv hari itu juga. kebetulan beberapa hari sebelumnya ditawarin paket cctv sama orang indi*ome, cuman perlu nambah kamera, bulanannya ngikut paket internet di rumah yang kebetulan bermerk sama. pas dikontak, ternyata gabisa dipasang hari itu. abang makin baper, karna pengennya dipasang hari itu juga mengingat besokannya kita mau ninggalin rumah karna mau ke cimahi. akhirnya muterin mal selemparan kolor tea, pas liat harga cctv, si abang yang tadinya semangat patlima langsung menciut sepohon toge,haha. setelah nyari sana sini dan baca reviewnya si temen kantor yang pasang ipcam juga dirumahnya, nemu ip cam dengan harga yang lebih bersahabat dan barangnya tinggal satu-satunya. cuss beli sepuluh sebijik dan langsung pasang biar bisa ninggalin rumah dengan tenang.

review: ipcam ini amat sangat membantu ngawasin rumah yang lagi kosong (yahiyalah, apan emang begitu fungsinya). dipasangnya harus deket colokan listrik dan ada koneksi internet. resolusinya lumayan, ga nyampe 5 cmx 5 cm juga sih, tapi cukup lah untuk bisa ngeliat kalo ada orang ato kejadian di rumah. bisa dikontrol via hape juga, jadi saya dan abang bisa liat kondisi kalo lagi ga dirumah. plus ada motion detection. jadi bakal ada notif kalo si kamera mendeteksi ada gerakan, misal tukang ayam lewat, tukang sayur lewat, mobil sampah lewat, dll. bahkan bisa ketauan pas besokannya kita ke cimahi itu, ada tukang yang sembarangan aja gitu parkir motor di garasi dan gogoleran dengan paripurna. pun malemnya bisa liat satpam yang mendadak ngontrol komplek sejam sekali, juga cecengiran liat bapak-bapak komplek yang mangkal depan rumah dan malah dadah-dadah sama kamera. so far seru sih, bisa liat keseharian bibi dan kia juga di rumah, dan utamanya sih abang jadi tau istrinya pergi dan pulang jam berapa. jadi selain ngontrol maling, kameranya buat ngontrol istri juga kayanya. setelah kamera, family locator, tinggal nunggu dipasangin bipbipwatch aja sih ini :))))

2 thoughts on “maling sepeda dan ip cam

  1. Pingback: the maling kondang | BudakGendut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s