trip to Rajadesa, Ciamis

Yeap, as i mention in my previous post, i’d like to share my fun trip to Rajadesa, Ciamis on last Saturday to Sunday on this post.

 

Begini latar belakangnya. T’Ros (nama aslinya Eros Raesytha, saya panggil dia T’Ros, kependekan dari Teh Ros) rencananya akan melepas masa lajangnya dengan dipersunting oleh sang lelaki idaman tambatan hati pujaan kalbu pada hari Minggu, 29 November 2009. Berhubung T’Ros ini adalah mojang aseli Ciamis, maka tak ayal lagi si acara nikahan otomatis diadain di desa kelahiran si mojang geulis. Dan berhubung T’Ros ini temen seruangan banget, ga enaklah hay kalo kita ga dateng. Jadi disepakati kita seruangan bakalan dateng sekalian jalan-jalan ke Ciamis yang katanya terkenal akan yang manis-manis. Cocoklah buat saya yang juga manis, mungkin Ciamis ini bisa bikin saya tambah manis malah,hishishis,,

 

Rencananya, mau pada ke Ciamis hari Sabtu pagi ato sehari sebelum nikahannya, berangkat bareng dari kantor. Karna menurut survey yang dilakukan oleh entah siapa, Jakarta-Ciamis butuh waktu 6 jam saja (saja????) perjalanan. Jadi daripada mesti nyubuh dari Jakarta, disepakati nginep semalem di Ciamis biar bisa seger plus gapake ngaret pas dateng ke nikahannya. Berhubung si saya hari Kamisnya pulang dulu ke Cimahi (dan males lagi kalo mesti ke Jakarta hari Sabtu), saya dan dua temen yang lain yang juga gabisa barengan pergi dari kantor, janjian untuk nyusul rombongan kantor dan pergi sendiri, eh bertiga saja maksutnya.

 

Janjian siang2 abis duhur di kampus, kira2 kita baru berangkat jam 2 siang. Setelah sebelomnya brifingan mengenai jalan mana yang akan ditempuh, apakah jalan kebenaran, jalan kesesatan, atau jalan yang lurus alias shirothol mustaqim,hehe..Oya, sebelumnya kenalin dulu ni dua temen saya. Yang satu kita panggil Kramat, satu lagi kita panggil Jati, jadi kalo disatuin mereka akan bikin satu perusahaan otobis terkemuka yang dapat melayani perjalanan antar kota antar propinsi,hehe,, Naah, untungnya Kramat ini tau jalan menuju Ciamis, lewat jalur Nagreg, karna domisili dia di salah satu kota di Jawa Timur yang notabene kalo mudik pasti ngelewatin jalur2 terkenal ini (terkenal macet maksutnya). Jadilah kita berkendara dari kampus masuk Pasteur- Cileunyi-Nagreg-Tasik-Garut-Ciamis (ini urutannya asli saya sotoy dan nebak, jangan dipercaya, saya kan suka disorientasi arah,maab yak).

 

Karna hari Sabtu kali ya, jadi ga terlalu macet. Lancar jayaa. Pas uda mau nyampe Tasik, kita disuguhin pemandangan yang,,subhanallah,,baguuuus banget. Masih ijo sawah dan gunungnya. Sepanjang jalan aja gitu yg namanya ijo di depan mata, seger banget. Ga kerasa da itu mah perjalanan ampir 4 jam teh. Pake acara becanda-becanda gila pula di mobil. Aseli gabisa tidur itu, becandaaaa mulu, ketawa-ketawa ampe sakit perut. Segala ide gila dan percakapan penting dilakuin. Mulai dari ide bikin travel berlabel “Ngantuk Travel”, bahas orang gila yang ditemuin di pinggir jalan, ampe kebodohan nyari kunci mobil yang sempet dikira dikasiin ke tukang tambal ban,hihihi..

 

Nyampe Ciamis jelang maghrib tu kan. Langsung cabcus ke penginepan yang uda dipesenin dan ditempatin temen2 kantor yang uda nyampe duluan. Kita nginep di penginepan yang judulnya “BUDI FAMILI” (yap,it’s using “i”, not “y”). Murah meriah looh. Kamar double bed cuman 75rb semalem, uda plus sarapan pagi nasi goreng. Ada juga sih yang pake fasilitas lain dan lebih mahal, kita mah pilih yang paling murah aja,hehe..Penginepannya bersih, pinggir jalan pula. Jaraknya cuman sekitar 500 m dari alun-alun Ciamis, ada di sebelah kanan jalan. Bangunannya jaman dulu banget. Katanya sih tadinya mau dijadiin bangunan rumah sakit, tapi gajadi karna terlalu kecil untuk sebuah rumah sakit. Pantesan asa ada hawa2 rumah sakit gitu pas pertama kali menjejakkan kaki di situ. Hawa mistis! Hehe,,ga deeng. Emang aga gelap dan suram sih penginepannya, tapi saya bisa tidur nyenyak2 aja tuh. Besides kata si Kramat yang aga bisa liat gituan, gada “sesuatu” ko disitu. Aman.

 

Selse mandi, solat, beberes dan sgala macem, kita jalan ceritanya mau nyari makan malem dan (cowo2 terutama) nyari makan buat mata. Cewe ciamis yang katanya manis2 emang jadi salah satu motivator sendiri dalam perjalanan ini,hehe.. Setelah gugling pake keyword “makanan favorit di Ciamis”, nyasarlah kita di satu tempat bernama “Baso AGA”. Kirain teh enak dan gimanaaa gitu (suale tmpatnya penuh dan biasanya jam segitu udah abis), ternyata,,biasa banget! Kalah ama baso di Bandung. Basonya kecil2, ada urat ada polos. Mienya kuning gede2 gitu, namanya mie golosor (kayanya karna pas dimakan gogolosoran kali ya,licin banget tuh mie). Berikut porsinya ga nendang buat ukuran perut kita yang emang suka aga over. Karna kurang nendang itulah, dari baso AGA lanjutlah kita ke alun2 Ciamis dan ngejogrok di tukang roti bakar. Perut kenyang hati senang tidurpun tenang.

 

Paginya bangun pada telat. Harusnya pergi jam setengah7, jam 6 masih pada ngulet2 blom mandi. Padahal rencananya demi ngejar akad jam 9, perjalanan sejam kalo lancar dan kalo pake acara nyasar bakal jadi satu setengah jam. Baru cabut jam 7.15, bener aja itu mah nyasar. Jauh abis. Ada kali Rajadesa itu 40 km dari Ciamis. Tapi semuanya terbayar dengan hijaunya pemandangan sisi kiri kanan jalan, segarnya udara pegunungan, dan hamparan sawah dengan padi menguning. Jadi pengen nyanyi “Waktu potooong padii di tengah sawaaah. Sambil bernyanyiii riuuuh rendaaah” (pasti pada gatau lagu apa da, payah!)

 

Untungnya setelah nyasar kesana kemari plus ngeliat yang engga2 (nenek nari jaipong tengah jalan aneh kan?), sampailah kite di tempat nikahan dan belom mulai akadnya. kayanya si akadnya nungguin kita. *mana ada?*. So far acaranya lancar, khidmat, dan seru. Apalagi pas acara sawer2an, si Jati semangat banget mungutin duit2 saweran, dan pas dapet banyak, dia pake buat beli cilok,hahaha..Maap yak,dia emang suka aga2 norak. Abis nonton akad, langsung pulang kita gapake nunggu resepsi, karna rencana awalnya mau mampir Bandung dulu. Cabut dari Rajadesa jam 11 siang, mampir solat dulu di Ciawi, kena macet di Nagreg, makan sore di Ampera Cileunyi, macet abis di menuju masuk gerbang Tol Padalarang, ganti mobil di Cikampek, nyampelah saya di kosan jam 11 malem. Boook,capek! Nulisnya aja ampe capek.

4 thoughts on “trip to Rajadesa, Ciamis

  1. landuutzzz…lucu abiss sebakul ceritamu nduuuk….
    aku baru baca cerita trip kalian…ternyata oh ternyata… demi acara si aku dan si dia, kalian yg lagi pada di leuweung bebelaan dateng…hus.hus.hus…(terharu)…. tararengkyuu nya kawan….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s