“lebih baik sakit gigi daripada sakit hati” itu bohong!

sungguh yang nyanyi ato bikin lagu “daripada sakit hati lebih baik sakit gigi iniii, biar tak mengapaa” kayaknya belom pernah sakit gigi beneran. kenapa? karena sungguh sakit gigi itu uhlala nikmat banget saktinya, sakti bikin sakit.

di trimester akhir kehamilan ini, entah karena faktor U atau memang faktor santai dan kurang gerak, saya ngerasain lumayan banyak keluhan dibandingkan hamil pertama. sebut saja sakit gigi, kambuh wasir, kram kaki, dan kemanjaan tiada henti (ini mah ga hamil juga manja deng,hihi)

sakit gigi yang saya rasain ini percaya ato engga, sampe tiga minggu berturut-turut! awalnya adalah sakit biasa, cek dokter di klinik deket rumah, katanya berlubang doang. ditambal sementara dan disuruh kontrol seminggu berikutnya. abis tambal kok ya tambah sakit, jadinya ga sampe seminggu kontrol lagi. dokter bilang kemungkinan bolongnya udah masuk ke saraf gigi (ngeri-ngeri sedap kan dengernya?). treatmentnya adalah pencabutan saraf di gigi yang bolong diawali dengan kasih obat untuk matiin sarafnya dulu. dr bilang bakal cenat cenut selama 1-2 jam ke depan. treatment ini menurut beliau aman untuk ibu hamil, walopun ujungnya nanti giginya harus tambal permanen atau dicabut, tapi dua tahap itu harus nunggu lahiran dulu, dikhawatirkan pas cabut gigi sayanya tegang, lalu muncul kontraksi.

abis dikasih obat matiin saraf, sejam kemudian beneran cenut-cenut, tapiii…. bertahan sampe beberapa hari deh itu sakitnya. sampe telfon dokternya dan beliau bilang “memang sensitivitas orang beda-beda, ada yang cuman sakit sejam, ada juga yang ga tahan sama sekali pas dikasi obat matiin saraf ini. dibuka aja yah obatnya, sumpel aja pake kapas”. tapi saya gamau, karena kalo dibuka berati proses matiin sarafnya berenti yah. gapapalah akhirnya tahan aja sakitnya dan kalo udah sakit banget cukup nangis kenceng dan minum paracetamol 500mg (ini aman insyaallah buat bumil, diminum per 4 jam dan maksimal sehari 4 tablet <- ini hasil diskusi juga sama obgyn saya).

mengingat beberapa hari ke depannya saya mau ke malang dan ogah liburan bawa-bawa sakit, empat hari abis dikasi obat (jangan tanya 4 hari itu rasanya kaya apa, mati segan hidup tak mau soalnya sakiiiiit banget. sakitnya sih sesekali, tapi sekalinya sakit yaaa gitu deh) saya ke dokter lagi dan kata dokter udah bisa cabut saraf. dioprek-oprek giginya, dan tiba-tiba CEKIIT ngajeletit banget sakit. ga lama kemudian dokternya bilang “niih sarafnya, masih belum mati total sih masih ada darahnya. sebenernya bisa juga langsung dicabut sarafnya kemaren itu, tapi prosesnya berdarah-darah banget. kalo ini karna udah mati, jadi ga berdarah”. gw? hooh ajalah da nyeri dan teu ngarti.

harapannya adalah abis cabut saraf gigi kan bebas lepas bahagia yaah, ternyata masih sakit aja dong. bahkan lagi liburan pun di malang masih cenut-cenut sampe habis pana*ol 2 strip,hiks. pulang dari malang karna ga tahan akhirnya ke drg lagi tapi di rumah sakit yg gratis dari kantor abang, biar kalo harus treatment memanjang ya konsisten disitu aja (dan gratis). dicek sama dokternya katanya sih ga ada apa2, dibuka tambalannya, dikasih lagi obat (yang katanya paling cemen), dan disuruh kontrol dua minggu ke depan. ga nyampe tiga hari, giginya sakit lagi. cuss lagi ke rs, beda dokter dan katanya memang masih ada radang di gigi ini makanya masih sakit. obatnya diganti, dan alhamdulillah abis itu sakit sehari-dua hari sekarang udah sama sekali ga sakit. alhamdulillaah

intinya sih dari cerita ini adalah kalo bisa lagi hamil jangan pake sakit gigi deh, bener-bener jaga asupan makanan, atau kalo mulai kerasa sakit gigi better langsung cuss ke dentist biar diobatin bener dan ga ganggu kehamilan. atau sebelum hamil pun pastiin giginya oke, kalo ada bolong-bolong tambal aja daripada bererenang ke hulu berakit ke tepian, bersenang dahulu sakit kemudian.

*abis gigi bolong ini enakan dan ga sakit, timbul sakit baru di….gigi sebelahnya. ampuni aim ya Allah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s